Event    : Hardcore Show Vol.1
When    : Saturday, 23 Dec 2023
Venue  : Ritapark Kota Tegal
Bands    : KAVVAT, GO ON, UNDER INVECTION, OVERDYZE, PANGON, GEARUSH, RIGHTING WRONG (PKL), HUMANHEART dan PRETTY TOUCH (Jkt)

Tegal City Hardcore mungkin adalah nama yang tidak tahu kapan mulai muncul dan diadopsi oleh HC Kids di Tegal. Tapi seperti pada umumnya kota lainnya pada era pertengahan 90an, saat itu banyak crew yang menggunakan nama kota dilanjut dengan kata hardcore setelahnya seperti Malang City Hardcore, Flower City Hardcore, Jakarta City Hardcore dan lainnya, yang kemudian dibuat akronimnya supaya lebih mudah diucapkan. Atas prakarsa kawan-kawan Tekex Noise, kemudian nama ini menjadi nama yang lebih lazim digemakan di kemudian hari.

Pada saat itu juga, yang perlu dicatat adalah, Hardcore, Punk, dan Skinhead menjadi satu komunitas yang sama, yaitu Riot Community. Mengingat populasi HC/Punk/Skinhead pada saat itu masih bisa dihitung dengan jari. Jadi singkatnya, bisa disebut jika Tegal City Hardcore adalah sub dari komunitas yang sudah ada pada waktu itu yaitu Riot Community dan Tegal United Underground.

Menariknya adalah, TCHC kemudian hari menjadi komunitas yang mandiri tanpa hirarki dengan jumlah band hampir 30. Semuanya punya hak dan kewajiban yang sama dalam menghidupi sub kultur yang menjadi keimanan mereka ini.

Kini, di penghujung 2023, TCHC menginisiasi sebuah event bernama “Hardcore Show” dengan line up beberapa band lokal seperti KAVVAT, GO ON, UNDER INVECTION, OVERDYZE, PANGON, dan GEARUSH serta kawan sejawat dari Pekalongan RIGHTING WRONG, ditambah dengan band dari Free York City yang sedang menunaikan ibadah tour mereka yaitu HUMANHEART dan PREETY TOUCH.

Bertempat di Ritapark, di sisi kiri setelah tepat gate masuk, venue digelar tanpa panggung ataupun stage level. Seperti ingin menyampaikan kesan meniadakan batasan antara band dan fans ataupun audiensnya. Menjelang isya, venue semakin sesak saja. Hardcore kids mulai bertambah memasuki venue. Setelah sebelumnya, stage digeber dengan monster pantura hardcore macam RIGHTING WRONG, UNDER INVECTION, dan OVERDYZE.

Selepas Isya, KAVVAT menggeber 5 lagu mereka tanpa jeda dengan kecepatan penuh. Kekuatan raungan vokal Xidan memang mampu menghipnotis pit menjadi liar. Disusul dengan PANGON dan GEARUSH yang tidak kalah gilanya mendobrak kader-kader jagoan moshing dan two step untuk mengeluarkan jurusnya. GO ON juga tampil gemilang dengan line up yang lebih fresh.

Puncaknya, dua band Free York City akhirnya unjuk gigi mencicipi kegananasan moshpit. Dengan penuh percaya diri, mereka mampu menghidupkan moshpit dengan pogo, moshing, two step yang bercampur aduk. Walaupun mereka tergolong band yang masih baru, tapi mereka mampu menciptakan vibes yang lebih intim dan brutal.

Bagian menarik lainnya yang menjadi sorotan adalah ada banyak cewek yang hadir dan mulai berani ambil bagian di moshpit. Sedangkan para audiens cowok lainnya melindungi mereka saat moshing di pit. Ini bisa menjadi suatu hal yang baru karena para cewek mulai tertarik untuk menikmati Hardcore Show dengan aman.

Leave a comment

Trending

Blog at WordPress.com.